Beranda / Agenda Kegiatan / Fakultas Syariah IAIN Manado mengadakan Lomba Debat Hukum dan Essay Tingkat Nasional untuk pertama kali

Fakultas Syariah IAIN Manado mengadakan Lomba Debat Hukum dan Essay Tingkat Nasional untuk pertama kali

IMG-20180426-WA0002Fakultas Syariah IAIN Manado, mengadakan National Competition Of Law And Shariah,  yaitu Lomba Debat Hukum dan Essay Tingkat Nasional, dengan tema “Peran Hukum Dalam Membangun Negara Ideal Menyongsong Generasi Emas 2045. Kegiatan ini pertama kali diadakan di IAIN Manado dengan skala Nasional yang diikuti oleh beberapa PTKIN Se-Indonesia ujar Dr. Edi Gunawan, M.HI. yang merupakan ketua panitia, sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syariah IAIN Manado.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Manado Dr. Suprijati Sarib, M.Si. juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Manado Dr. Evra Wilya, M.Ag. Pak Edi (Sapaan Ketua Panitia) mengungkapkan sebenarnya kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu debat hukum di tahun 2017 namun pelaksanaannya masih pada tingkat lokal saja dan tahun ini baru dilaksanakan pada tingkat Nasional, hal ini merupakan terobosan baru mengingat sebelumnya belum pernah dilaksanakan kegiatan-kegiatan serupa di Fakultas Syariah IAIN Manado.

Pendaftar untuk tim debat hukum berjumlah 8 tim,  sedangkan jumlah peserta lomba essay ada 20 pserta yangg mengirimkan tulisan dari berbagai PTKIN di Indonesia. Diantaranya kampus yang mendaftar yaitu UIN Malang, UIN Sunan Ampel, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Ambon, IAIN Palopo, IAIN Gorontalo, dan IAIN Manado.

Tujuan dari pelaksanaan lomba debat hukum adalah untk meningktkan pemahaman mahasiswa fak syariah tentang hukum, baik itu hukum Islam maupun hukum nasional, selain itu untuk meningkatkan kualitas mahsiswa agar mampu bersaing,  bukan hanya ditingkat lokal,  tetapi mampu bersaing ditingkat nasional. Sedangkan tujuan dari lomba essay tingkt nasional, untk memotivasi dan meningkatkan minat mhsiswa dalam menulis.  Adapun yg Juara dalm lomba debat, Juara 1, IAIN Palopo, Juara 2, Iain Manado, dan Juara 3, iain manado. Sedangkan Juara pada lomba essay,  Juara 1 atas nama Ainul Fitri dari UIN Malang, Juara 2, Dyah Palupi Ayu UIN Malang,  dan Juara 3, Sri Wahyuni Maniet,  dari IAIN Ambon.

Pada kegitan tersebut, Ikatan Alumni Fakultas Syariah turut mendukung dan berpartisipasi, yakni pada lomba debat dipandu oleh Nazar Pomalingo Irfiawan, S.H., sedangkan pada lomba essay dipandu oleh Faradila Hasan, S.HI. mereka berdua juga adalah mahasiswa program pascasarjana IAIN Manado.

Pak Edi berharap, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan pada Fakultas Syariah IAIN Manado, dan semakin banyak lagi PTKIN yang mengikuti kegiatan ini pada tahun-tahun berikutnya.

(F.H)

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment