Fakultas Syariah: Ujian Skripsi dan Yudisium Masal 2019

IAIN Manado, ICNewsFakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menyelenggarakan Ujian Skripsi dan Yudisium Masal, Pelaksanaan Ujian Skripsi di selenggarakan pada dua bulan berturut-turut di tahun 2019 yaitu pada bulan Januari dan Bulan Februari karena  Wisuda Kampus akan di laksanakan pada akhir bulan februari, Jumat 15/02/2019.

Ujian Skripsi merupakan ujian yang di laksanakan guna agar memenuhi syarat memperoleh Gelar Strata 1 di suatu perguruan tinggi. Fakultas Syariah adalah salah satu dari 3 fakultas lainya yang menyelenggarakan Ujian Skripsi, akan tetapi Fakultas Syariah mempunyai terobosan baru dalam proses pelaksanaan Ujian.

Fakultas Syariah melaksanakan Ujian Skripsi hanya dalam jangka waktu kurang lebih 2 awal di tahun 2019 karena mengingat pelaksanaan Wisuda Perguruan Tinggi akan di laksanakan, Fakultas yang akrab di panggil dengan nama FASYA ini pada bulan Januari Kemarin menyelenggarakan Ujian dan Yudisium masal tercatat ada 19 Mahasiswa yang di Ujiankan dan langsung di Yudisium di hari itu juga. Pada bulan Februari Fakutas Syariah kemudian juga menyelenggarakan Ujian dan Yudisium masal selama 2 hari, ada 32 orang mahasiswa yang sudah di Ujiankan dan langsung Yudisium. Ada sebanyak 51 orang mahasiswa yang siap untuk mengikuti Wisuda. Pelaksanaan Ujian dan Yudisium di selenggarakan di Ruang Ujian Skripsi Fakultas Syariah Gedung Perpustakaan IAIN Manado Lantai 1, Ujian dimulai dari pagi hingga setelah waktu sholat isya. Pelaksanaan Yudisium di isi dengan agenda pembacaan Ikrar Alumni yang di bacakan oleh dua perwakilan Program Studi yaitu Prodi Akhwalul Syakhsiyyah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Suprijati Sarib, M.Si dalam sambutanya menyampaikan “Buat anak-anak ku tercinta selamat kalian telah meraih gelar Sarjana Hukum dan ingat satu hal bahwa jangan pernah sekali-kali ilmu yang kalian sudah peroleh kemudian di salah gunakan di masyarakat, ingat kalian jangan sombong , tetap tawaduk  dan insyaallah juga selepas menjadi alumni kalian bakal ingat kampus ini dan fakultas dan mau kembali untuk menjadi tenaga pengajar di kemudian hari”. Adapun tambahan dari Wakil Dekan 1 dan 3 meyampaikan “Jangan Lupa Skripsi yang sudah jadi di buatkan artikelnya berbahasa inggris untuk bisa di bukukan di dalam Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah Fakultas Syariah dan pada Tanggal 27 Februari akan di adakan Ramah Tama Fakultas serta Pelepasan Alumni Fakultas Syariah. Pelaksanaan yudisium dihadiri oleh Wakil Dekan I. Dr. Rosdalina Bukido, M. Hum., Wakil Dekan II Hasyim Lahilote, MH., dan Wakil Dekan III Dr. Edi Gunawan, M. HI., Ketua Prodi Ahwal al-Syakhsiyyah, Djamila Usup, M. HI, Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah Ramli, MH., M. Phil, dan Kabag Dra. Munanih Bodong.

Fakultas Syariah juga merupakan Fakultas atau dulunya di sebut jurusan paling lama yang ada di IAIN Manado yang sudah melewati empat fase transformatif mulai dari Institut Agama Islam (IAI) Sulawesi Utara, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar di Manado, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado, hiangga sampai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Walaupun merupakan Fakultas/Jurusan yang paing lama akan tetapi melahirkan lulusan terbaik, serta mahasiswanya  meraih prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Semoga di tahun berikutnya akan makin bertambah dan makin banyak peminat untuk masuk dan daftar di Fakultas Syariah IAIN Manado. (LPM SUAM: Ishal)

 

Fakultas Syariah: Ujian Skripsi dan Yudisium Masal 2019
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *