Beranda / Prodi Ahwal Al-Syakhsiyyah

Prodi Ahwal Al-Syakhsiyyah

LATAR BELAKANG

Program Studi Ahwal Al Syakhsiyyah (AS) merupakan salah satu program studi yang berada di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Pada tahun 1988, beberapa pemuka Islam di Manado mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang dinamakan Institut Agama Islam (IAI) Manado dan untuk sementara menggunakan gedung yang sama dengan PGAN (sekarang MAN Model) di Kelurahan Tuminting sebagai kampusnya. Pada tahun 1990, lembaga tersebut dijadikan sebagai afiliah dari Fakultas Syari’ah IAIN (sekarang UIN) Alauddin Ujung Pandang/Makassar dengan Jurusan Peradilan Agama dan Jurusan Muamalah (Ekonomi Islam). Sejak tahun 1994, Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin mempunyai kampus permanen di Kelurahan Perkamil, sehingga tidak lagi memanfaatkan gedung sekolah MAN Model.

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 1997 tentang Pendirian STAIN,  Keputusan Menteri Agama Nomor 297 Tahun 1997 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja STAIN Manado dan Keputusan Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor E/136/1997 tentang alih status dari fakultas daerah menjadi STAIN, maka secara resmi berdirilah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado yang secara otomatis telah ‘spin off’ dari IAIN Alauddin Ujung Pandang dan sejak itu pula STAIN Manado menjadi satu-satunya perguruan tinggi Islam Negeri di Sulawesi Utara. STAIN Manado memiliki 2 (dua) Jurusan yaitu Syariah dan Tarbiyah. Jurusan Syariah memiliki 2 (dua) program studi berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor Dj.I/2191/2007 yaitu Ahwal Al-Syakhshiyyah dan Program Studi Ekonomi Islam sedangkan Jurusan Tarbiyah hanya memiliki Program Studi Pendidikan Agama Islam. Dan pada akhirnya, setelah berjalan lebih dari 17 tahun, pada bulan Oktober tahun 2014 STAIN Manado bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri Manado berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 147 tentang perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado yang kemudian diresmikan pada bulan Maret 2015 oleh Menteri Agama. Dengan perubahan tersebut, maka IAIN Manado memiliki 4 (empat) Fakultas yang salah satunya adalah Fakultas Syariah yang memiliki 2 (dua) Prodi yaitu Ahwal Al Syakhsiyyah dan Hukum Ekonomi Syariah.

 

VISI

“Menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bidang hukum keluarga Islam yang berkualitas berbasis masyarakat multikultural di kawasan timur Indonesia Tahun 2020”.

 

MISI 

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing dalam bidang hukum keluarga Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang hukum keluarga Islam secara berkelanjutan.
  3. Meningkatkan partisipasi lembaga dalam pengabdian pada masyarakat secara efektikf dan berkesinambungan menuju terciptanya masyarakat multikultural yang berdemokrasi dan berkeadilan.
  4. Mengembangkan sistem pengelolaan program studi hukum keluarga Islam dengan baik, serta membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait baik dalam maupun luar negeri.

 

TUJUAN:

  1. Terwujudnya tata pamong, kepemimpinan prodi, penjaminan mutu, dan evaluasi fakultas secara berkelanjutan.
  2. Terciptanya kapabilitas, kompetensi mahasiswa dan alumni yang mampu menangani masalah sosial kemasyarakatan.
  3. Terciptanya efisiensi dan efektivitas pemanfaatan sumber daya manusia.
  4. Terwujudnya kualitas kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik.
  5. Terciptanya efisiensi, efektivitas, produktivitas pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi.
  6. Tersedianya akses dan kemanfaatan penelitian, pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.