Beranda / Program Studi / Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

LATAR BELAKANG

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) merupakan salah satu program studi yang berada di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Pada tahun 1988, beberapa pemuka Islam di Manado mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang dinamakan Institut Agama Islam (IAI) Manado dan untuk sementara menggunakan gedung yang sama dengan PGAN (sekarang MAN Model) di Kelurahan Tuminting sebagai kampusnya. Pada tahun 1990, lembaga tersebut dijadikan sebagai afiliah dari Fakultas Syari’ah IAIN (sekarang UIN) Alauddin Ujung Pandang/Makassar dengan Jurusan Peradilan Agama dan Jurusan Muamalah (Ekonomi Islam). Sejak tahun 1994, Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin mempunyai kampus permanen di Kelurahan Perkamil, sehingga tidak lagi memanfaatkan gedung sekolah MAN Model.

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 1997 tentang Pendirian STAIN,  Keputusan Menteri Agama Nomor 297 Tahun 1997 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja STAIN Manado dan Keputusan Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor E/136/1997 tentang alih status dari fakultas daerah menjadi STAIN, maka secara resmi berdirilah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado yang secara otomatis telah ‘spin off’ dari IAIN Alauddin Ujung Pandang dan sejak itu pula STAIN Manado menjadi satu-satunya perguruan tinggi Islam Negeri di Sulawesi Utara. Jurusan Syariah memiliki 2 (dua) program studi berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor Dj.I/2191/2007 yaitu Ahwal Al-Syakhshiyyah dan Program Studi Ekonomi Islam. Dan pada akhirnya, setelah berjalan lebih dari 17 tahun, pada bulan Oktober tahun 2014 STAIN Manado bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri Manado berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 147 tentang perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado yang kemudian diresmikan pada bulan Maret 2015 oleh Menteri Agama. Seiring itu pula maka berubahlan nomenklatur Program Studi Ekonomi Islam menjadi Hukum Ekonomi Syariah.

Visi

“Terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang hukum ekonomi syariah yang berkualitas, profesional dan mampu bersaing secara nasional maupun global yang berorientasi pada akhlakul karimah”.

Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan hukum ekonomi syariah melalui tahap pendidikan akademik dan profesi secara paripurna dengan penekanan pada akhlak karimah.

2.      Menyelenggarakan penelitian khususnya di bidang hukum ekonomi syariah secara berkelanjutan.

3.      Mengembangkan sistem pengelolaan program studi hukum ekonomi syariah dengan baik.

4.      Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait baik di dalam maupun di luar negeri .

 

TUJUAN:

  1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa, berbudi luhur, berkualitas, profesional dan memiliki jiwa sensitivitas tinggi terhadap persoalan di masyarakat.
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keahlian hukum ekonomi syariah dalam pelayanan kebutuhan hukum baik di lembaga keuangan syariah maupun di lembaga peradilan agama dan negeri secara profesional.
  3. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas melalui fungsi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mampu membentuk kelompok/komunitas di masyarakat yang akan menjadi model dalam pembangunan lembaga bantuan dan konsultasi hukum ekonomi syariah di Manado.
  5. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang didukung oleh budaya ilmiah dan suasana akademik yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, obyektivitas, terbuka, jujur, kritis, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perubahan perkembangan ilmu, tekonologi dan budaya.
  6. Meningkatkan kinerja yang profesional dengan memantapkan pelaksanaan sistem pengelolaan kelembagaan yang efektif dan efisien.
  7. Memupuk dan menjalin jaringan kerjasama dalam perlindungan hukum yang saling menguntungkan dengan lembaga bisnis dan keuangan syariah atau konvensional, baik dalam maupun luar negeri.