Visi, Misi dan Tujuan

Open

Visi

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

“Menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia dan ilmu syariah berbasis masyarakat multikultural di Indonesia pada tahun 2023.”

Rumusan ini mengandung makna sebagai berikut :

Fakultas Syariah merupakan Fakultas yang tertua di IAIN Manado. Menjadi Pusat pengembangan artinya masyarakat yang hendak belajar ilmu syari’ah dan hukum ekonomi syari’ah maka akan datang ke Fakultas Syariah IAIN Manado. Fakultas Syariah menjadi center keilmuan syari’ah dan hukum ekonomi syari’ah. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang dimaksud adalah peningkatan kemampuan akademik dosen yang masih bergelar magister menjadi doktor, tenaga kependidikan yang masih bergelar Sarjana, dan juga pengembangan kompetensi mahasiswa dan lulusan berdasarkan kompetensi lulusan. Pengembangan Ilmu Syari’ah adalah mata kuliah ushul fikih, tafsir, tafsir ahkam, fikih munakahat, fikih jinayah, fikih siyasah, fikih mawaris, dan masailul fikhiyah. Berbasis multikultural adalah Fakultas Syariah mengembangkan keilmuannya berbasis pada keberagaman yang diimplementasikan pada penelitian dan pengembangan keilmuan dengan mengangkat topik dan tema multikulturalisme.

Misi

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

Sejalan dengan misi IAIN Manado 2015-2035, berdsarkan visi Fakultas Syariah 2035, maka dirumuskan misi Fakultas Syariah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan dan Mengembangkan Pendidikan yang Profesional, Akuntabel dan Berdaya Saing dalam Bidang Ilmu Syariah.
  2. Menyelenggarakan Kajian Ilmiah dan Penelitian Ilmu Syariah yang Berkualitas.
  3. Meningkatkan Peran dan Partisipasi Lembaga dalam Pengabdian pada Masyarakat secara Efektif dan Berkesinambungan Menuju Tatanan Masyarakat Multikultural yang Demokratis dan Berkeadilan.
  4. Menjalin Kemitraan dengan Berbagai Pihak dalam Rangka Peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi.

 Tujuan

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

Sejalan dengan tujuan IAIN Manado dan berdasarkan visi misi di atas, maka ditetapkan tujuan Fakultas Syariah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Penjaminan Mutu.
  3. Peningkatan kapabilitas, kompetensi mahasiswa dan alumni yang mampu menangani masalah sosial kemasyarakatan.
  4. Peningkatan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan Sumber Daya Manusia.
  5. Peningkatan kualitas kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik.
  6. Meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.
  7. Meningkatkan akses dan kemanfaatan penelitian, pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Visi

Prodi Hukum Keluarga/Ahwal Al Syakhshiyyah

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

“Terkemuka dalam Penyelenggaraan Tri Dharma PT  dalam Menghasilkan Lulusan di Bidang Hukum Keluarga yang Terampil, Berkualitas, Profesional dan Berakhlakul Karimah di Indonesia Timur pada tahun 2023”.

Misi

Prodi Hukum Keluarga/Ahwal Al Syakhshiyyah

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

  1. Menjalankan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu AS yang menekankan pada perilaku yang mulia.
  2. Melakukan riset tentang AS secara berkelanjutan secara integratif, interkonektif berbasis interdisipliner/multidisipliner.
  3. Meningkatkan pola pendidikan dan pengajaran pada PS AS dengan optimal & baik.
  4. Membangun koneksi antar fakultas, lembaga dan perguruan tinggi baik nasional maupun internasional.
  5. Melakukan pengabdian di masyarakat berlandaskan keilmuan AS

 Tujuan

Prodi Hukum Keluarga/Ahwal Al Syakhshiyyah

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

  1. Menciptakan alumni yang terampil, bertakwa, berakhlakul karimah, berbudi pekerti, bermutu, profesional & memiliki pribadi yang peka di masyarakat.
  2. Mampu mengimplementasikan skill dan pengetahuan mahasiswa pada bidang AS dalam melayani masyarakat secara litigasi maupun non litigasi.
  3. Memiliki output penelitian-penelitian ilmiah dalam bentuk jurnal dan buku dari hasil riset dan pengabdian dosen.
  4. Mampu menciptakan komunitas akademik di masyarakat dimana diharapkan dapat menjadi model terhadap pembangunan Lembaga Bantuan Hukum dan Konsultan bidang AS di Manado.
  5. Membangun dan menciptakan suasana masyarakat ilmiah, berbudaya dan menjunjung tinggi integritas dan pengembangan ilmu dan teknologi.
  6. Pemantapan pelaksanaan sistem pengelolaan lembaga secara efisien & efektif yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sivitas Fasya.
  7. Membangun jejaring melalui kerjasama pada lembaga di Lingkungan Mahkamah Agung & Kementerian Agama.

Visi

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

“Terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang hukum ekonomi syariah yang berkualitas, profesional dan mampu bersaing secara nasional maupun global yang berorientasi pada akhlakul karimah pada tahun 2020”.

Rumusan ini mengandung makna sebagai berikut :

Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) adalah prodi yang Terkemuka dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk impelementasi dari tri dharma Perguruan Tinggi.

Terkemuka yang dimaksud adalah menghasilkan lulusan dalam bidang Hukum Ekonomi Syariah yang Berkualitas berdasarkan kompetensi lulusan. Profesional dalam hal ini lulusan menguasai keilmuan berbasis hukum ekonomi sysari’ah. Sehingga mampu Bersaing secara nasional yang berorientasi pada nilai-nilai akhlakul karimah.

Misi

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

Misi Prodi Hukum Ekonomi Syariah dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum ekonomi syariah melalui tahap pendidikan akademik dan profesi secara paripurna dengan penekanan pada akhlakul karimah.
  2. Menyelenggarakan penelitian khususnya di bidang hukum ekonomi syariah secara berkelanjutan.
  3. Mengembangkan sistem pengelolaan program studi hukum ekonomi syariah dengan baik.
  4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hukum ekonomi syariah

Tujuan

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Fakultas Syariah IAIN Manado

—————————————————————

Tujuan Prodi Hukum Ekonomi Syariah adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa, berbudi luhur, berkualitas, professional dan memiliki jiwa sensivitas tinggi terhadap persoalan di masyarakat;
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keahlian hukum ekonomi syariah dalam pelayanan kebutuhan hukum baik di lembaga keuangan syariah maupun di lembaga peradilan secara professional;
  3. Menghasilkan karya-karya ilimiah yang berkualitas melalui fungsi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  4. Mampu membentuk kelompok/komunitas di masyarakat yang akan menjadi model dalam pembangunan lembaga bantuan dan konsultasi hukum ekonomi syariah di Manado
  5. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang didukung oleh budaya ilmiah dan suasana akademik yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, objektivitas, terbuka, juju, kritis, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perubahan perkembangan ilmu, teknologi dan budaya
  6. Meningkatkan kinerja yang professional dengan memantapkan pelaksanaan sisitem pengelolaan kelembagaan yang efektif dan efisien
  7. Memupuk dan menjalin jaringan kerjasama dalam perlindungan hukum yang saling menguntungkan dengan lembaga bisnis dan keuangan syariah atau konvensional, baik dalam maupun luar negeri.