#KerjaCerdas #KerjaTuntas

Manado 29 Oktober 2021 – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado tengah mengadakan proses review terhadap kurikulumnya. Review ini dilakukan sebagai upaya untuk terus memperbaiki dan memodernisasi kurikulum guna meningkatkan kualitas pendidikan di fakultas tersebut.

Kurikulum adalah salah satu elemen kunci dalam proses pendidikan yang harus senantiasa disesuaikan dengan perkembangan terbaru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam rangka menjawab tuntutan zaman, Fakultas Syariah IAIN Manado merasa perlu untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap kurikulum yang ada.

“Review kurikulum ini secara resmi dimulai oleh Bpk Delmus P. Salim, Ph.D yang kala itu menjabat sebagai Rektor IAIN Manado. Kegiatan pengkajian kurikulum ini kami selenggarakan dengan sengaja karena sesuai dengan persyaratan akademik. Beberapa waktu yang lalu, kami telah menghadapi berbagai permasalahan terkait dengan kurikulum yang harus disesuaikan dengan pendekatan belajar mandiri. Kami juga dihadapkan pada situasi di mana kami perlu bersaing dan berkompetisi dengan berbagai universitas lain di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).ā€¯ungkapnya

“Selain itu, Beliau juga mengungkapkan bahwa ada sejumlah mahasiswa tingkat akhir yang mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan mata kuliah karena perubahan kurikulum. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama. Selain itu, Beliau juga menekankan pentingnya memastikan bahwa mata kuliah yang kami tawarkan dapat diakses dengan baik oleh semua mahasiswa kami. Beberapa catatan menunjukkan bahwa masih ada mahasiswa yang tidak memiliki pemahaman penuh mengenai mata kuliah tersebut. Oleh karena itu, kami berharap kepada Koordinator Program Studi (Kaprodi) dan Wakil Koordinator Program Studi (Sekprodi) untuk mengambil langkah-langkah maksimal dalam hal ini.

Review ini sebagai wujud implementasi MBKM, hasil dari review ini akan mengarah pada pembaruan kurikulum yang lebih baik sesuai dengan tujuan pendidikan Fakultas Syariah untuk menghasilkan lulusan yang berpengetahuan luas, terampil, dan siap bersaing di pasar kerja global. Dengan kegiatan tersebut, akan menghasilkan Keputusan Rektor tentang Pengesahan Kurikulum di Fakultas Syariah IAIN Manado.

Fakultas Syariah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan mereka dan memastikan bahwa kurikulum mereka selalu relevan dan responsif terhadap perubahan dalam masyarakat dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, mereka berharap bahwa lulusan mereka akan menjadi pemimpin yang berkualitas dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan hukum Islam dan Syariah.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder